1. REBUT DAN RAMPAS
Peralatan : Tongkat atau
sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain : Bebas
Waktu : 10 menit
Tujuan : Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Jumlah pemain : Bebas
Waktu : 10 menit
Tujuan : Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Unsur hiburan
Semua anak membentuk lingkaran dengan
jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. Tiap anak
memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Bila ada perintah “ya” tiap
anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman di
sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh, maka ia dikeluarkan.
Permainan ini sangat menyenangkan dan
dapat bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu,
perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama,
maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.
2. PETANI DAN PENCURI
Peralatan : Karet gelang atau
tali, kantong kacang, atau potongan kain atau agar kelihatan sungguhan, sebuah
apel.
Jumlah pemain : bebas
Waktu : 8-10 menit
Tujuan : Melatih kecepatan
Jumlah pemain : bebas
Waktu : 8-10 menit
Tujuan : Melatih kecepatan
Unsur hiburan
Anak-anak membentuk lingkaran dan
seorang anak, yang jadi pencuri disuruh keluar ruangan. Selagi ia diluar,
seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran.
Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran
dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya pada saat
pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar dari lingkaran
lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap.
Bila ia tertangkap maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru.
3. ARUNG JERAM
Tujuan :
- Kerja sama tim.
- Kekompakan regu.
- Yang kuat membantu yang
lemah.
- Menetapkan bersama trategi
manajemen secara tepat.
- Menempatkan diri saat
bertindak/ menjalankan tugas.
Alat :
- Tali besar ( diameter 4-5
cm/ seukuran tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu
yang bermain. )
- Kedua ujung tali di ikat
dengan kuat.
Pelaksanan :
- Semua anggota regu duduk
melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam lingkaran.
- Tiap anggota regu kedua
tangannya memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 – 1 meter. Jarak
semakin rapat semakin baik.
Peraturan :
- Semua anggota regu
berupaya untuk berdiri secara bersama-sama.
- Saat mencoba berdiri,
kedua kaki/ lutut tidak boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
- Setelah dapat berdiri
bersama, kemudian berupaya duduk bersama kembali.
- Diupayakan jangan ada
peserta yang terjatuh.
4. STICK GOYANG
Tujuan
:
- Menjalin Kerja sama dan
toleransi antar anggota.
- Belajar saat menerima dan
kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
- Berlatih menghadapi segala
rintangan atas asas kebersamaan.
Alat :
- Tali Pramuka/ boleh rafia.
Sejumlah peserta.
- Tongkat/ Balok/ papan
kayu/ Bambu . Panjang ( 2- 3 meter ) Diameter bebas.
- Aneka Halang rintang.
Pelaksanaan :
- Tiap anggota regu berhak
memegangi utas tali . boleh sebelah kanan atau kiri
- Ditengah tarikan utas
tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
- Regu Menempuh suatu
perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
- Regu dengan waktu tempuh
tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang terbaik
- Rintangan dapat dibuat
sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak penuh
tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik dan turun)
5. BAUT BARISAN
Tujuan : Agar seluruh
peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus
melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah
:
- Peserta di bagi dalam 2
kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu
bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
- Pemandu menjelaskan aturan
permainan sebagai berikut :
- Kedua keompok akan
berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu
:tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
- Pemandu akan menghitung
sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus jongkok.
- Setiap kelompok secara
bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan
benar.
- Kelompok yang menang
adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila
kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh
langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan
tugas).
- Sebelum pertandingan di
mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya
sudah dipahami dengan benar.
6. BERCERMIN
Latihan yang menyenangkan ini
digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti
orang lain. Acara sore yang baik.
Prosedur :
- Setiap peserta memilih
pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam jarak
kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah
cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
- Untuk putaran kedua,
pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya bersentuhan
dengan lembut.
- Pada putaran ketiga,
mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan menuntun
mengikuti bergantian.
Bahan diskusi
:
- Apa bedanya antara ketiga
pengalaman tadi ?
- Bagaimana perasaan anda
pada setiap latihan menuntun dan mengikuti tadi ?
- Adakah persamaan yang anda
temukan dalam hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan sehari-hari?
No comments:
Post a Comment
Silahkan Komen di sini